Skip to main content

Gaya Gravitasi Di Balik Sukses Tidaknya Seorang Blogger


Saya selalu bertanya-tanya, mengapa Michael Arrington si pencipta TechCrunch menjadi blogger paling sukses sepanjang masa. Blog sederhananya bisa mencuri perhatian orang-orang berkantong tebal di Silicon Valley untuk menumpahkan banyak uang. Sukses ini bisa mengantarnya jadi "Nabi Silicon Valley" dikemudian hari.

Atau Arianna Huffington yang bisa menyulap blog pribadinya jadi media arus utama di Amerika. Arianna tentu bukan tanpa perhitungan ketika mengakibatkan blognya The Huffington Post jadi besar dan postingannya selalu jadi materi percakapan di negara adikuasa itu.

Tentu saja ada daya tarik dari blog mereka hingga mengundang banyak pengunjung, sampai-sampai mengundang banyak 'orang gila' (baca;investor) untuk berinvestasi. Tapi akan terlalu jauh untuk menceritakan orang-orang di belahan dunia lain. Di Indonesia sendiri telah banyak blogger yang bisa menyulap kata jadi uang.

Awal tahun 2000-an sangat terkenal nama Anne Ahira sebagai pendiri Asian Brain. Wanita sejuta bakat ini bisa membuat banyak uang dengan daya tariknya merangkai kata memasarkan banyak hal. Ia bahkan bisa melahirkan bakat lain menyerupai Joko Susilo yang juga bermain dalam segmen internet marketing.

Atau blog yang selalu ramai komentar menyerupai milik Kang Ismet dan Mas Sugeng. Keduanya blogger Indonesia yang tulisannya selalu dirindukan. Saya pun termasuk orang yang banyak mencar ilmu dari mereka-mereka ini. Selalu saja dalam benak saya bertanya-tanya, apa yang dimiliki semua blog itu hingga gravitasinya jempolan.

Hukum Gravitasi Blogger

Saya menemukan aneka macam daya tarik dari blog-blog yang ramai. Misal TechCrunch, mereka bisa menghadirkan gosip yang realtime soal teknologi. Dibalik desainnya yang ciamik, gosip yang disiarkan juga bukan kelas kacangan, apalagi hasil copy paste dari blog lain.

Begitu juga dengan milik Kas Ismet. Blog tutorial ini bisa menyajikan gosip teknis yang selalu lebih awal dipublikasikan. Cara-caranya merangkum dongeng banyak membantu blogger lain dalam memecahkan masalahnya. Itu daya tarik yang tidak dimiliki semua blog.

Saya masih ingat, ketika duduk di dingklik sekolah diajarkan aturan tarik menarik atau lasim disebut aturan gravitasi. Nyatanya, gravitasi tidak berlaku untuk bumi dan semua yang ada di atasnya saja. Gravitasi berlaku hampir di semua sendi kehidupan, termasuk dalam dunia blogging.

Kekuatan tarik menarik kuncinya pada gaya yang lebih kuat. Jika seorang blogger bisa membuat gaya lebih besar dari yang lain, sudah barang niscaya ia mempunyai kemungkinan paling besar untuk dikunjungi. Gaya tarik menarik ini ditentukan oleh banyak faktor dan semuanya bisa diciptakan.

Gaya gravitasi Blogooblok dengan Mas Sugeng misalnya, sudah niscaya berbeda. Blogooblok sengaja saya ciptakan untuk memudahkan blogger pemula memulai jenjang karirnya. Bahasa dan ilustrasi yang dihadirkan cukup gampang dipahami. Sedangkan Mas Sugeng membuat sesuatu yang sederhana namun lengkap.

Daya tarik tersebut didukung pula dengan keluwesan dan umur suatu blog. Mas Sugeng sudah lebih dahulu terkenal. Ia juga jago dalam membuat theme, bahkan dibagi-bagikan gratis. Itulah daya tarik terbesarnya. Sedangkan Blogooblok hanya jago menjelaskan, belum bisa bagi-bagi yang gratis.

Setiap blog yang berniat membuat daya tarik, niscaya akan melaksanakan satu hal yang besar. Seperti Mas Sugeng dan Kang Ismet itu. Mereka menarik minat netizen dengan theme gratis. Desainnya juga bukan serampangan. Sajian itulah yang menarik banyak pembaca untuk datang.

Namun harus dipahami, bahwa daya tarik paling utama bukan soal tampilan blog semata, tapi orang dibalik blog tersebut yang memilih seberapa besar magnet yang bisa ia ciptakan. Blog saja tidak akan menarik ribuan atau jutaan orang, tapi sosok dibaliknyalah yang punya andil besar.

Saya banyak melihat blogger besar yang beberapa kali mengubah brand, namun tetap menarik pengunjung, bahkan ketika ia menggunakan nama samaran. Itu artinya, sosok dibalik satu blog yaitu tokoh utama, alasannya yaitu ia bisa memancarkan magnet dalam setiap karya yang ia ciptakan.

Cara kerja gaya tarik menarik dari diri seseorang memang misterius. Namun bukan berarti tidak bisa dipelajari. Salah satunya dengan tidak nampak angkuh di depan pembaca. Tulisan itu bukan sekedar formasi huruf-hurut, ia punya nyawa dan setiap yang membaca bisa menyimpulkan sosok dibaliknya.

Menciptakan Daya Tarik Sendiri

Saya dan Arianna Huffington punya daya tarik yang tak sama. Saya juga yakin, ratusan atau ribuan orang yang membaca goresan pena ini juga tak sama. Tapi setiap orang punya daya tariknya sendiri. Semua hanya perlu dicari dan dikembangkan. Pun kalau belum, bisa diciptakan.

Misalnya, jikalau kau blogger dan suka photography, maka mulailah membuat hasil karya. Publikasikan, contohnya di Instagram atau membuat blog berisi semua hasil jepretan kameramu. Tidak perlu mahal untuk memulai, kalau belum mampu membeli kamera DSLR, kamera smartphone pun jadi. Salah satu yang bisa dipakai Luna Smartphone.


Kamera Luna bisa membuat hasil karya yang tak kalah dengan kamera profesional. Asal tahu dan sempurna dalam menggunakannya, bukan mustahil hasil karyamu bisa menyaingi akun-akun besar di Instagram. Hal inilah yang juga dilakukan Jack Morris, travel blogger yang sekali upload foto bisa dibayar hingga Rp200 juta.

Jack dan sang kekasih jadi travel blogger dengan bayaran termahal ketika ini. Mereka juga memulai karirnya dengan menggunakan alat seadanya. Mereka berdua bisa membuat daya tarik dari hasil karya yang keren. Ditambah drama kemesraan mereka yang juga tak kalah menariknya untuk ditelusuri.

Kalau di Indonesia kita juga mengenal Syahrini dengan follower hingga 17 juta orang. Selain alasannya yaitu ia artis, Syahrini memang mempunyai daya tarik yang besar untuk diikuti. Tidak heran kalau banyak endorse yang ditanganinya melalui akun @princessyahrini.

Kemajuan teknologi dan kian ramainya sosial media ketika ini, juga secara tidak eksklusif melahirkan jenis karir yang baru. Bahkan blogger pun tidak melulu soal menulis dan mempublikasikannya di blog lagi. Youtube dan sosial media lain pun telah menjadi wadah untuk berkarya.

Maka mulailah mengenali diri sendiri kemudian membuat karya. Jika memang serius mau membuat gravitasi, maka buatlah ciri khas sendiri. Mengikuti atau mempelajari karya atau blog orang lain tidak salah. Tapi menirunya mentah-mentah tentu bukan jalan terbaik. Ingat, setiap orang punya magnetnya sendiri-sendiri.

Maka sukses tidaknya satu blog sangat dipengaruhi dari gravitasi yang diciptakan pemiliknya!

Alert! Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog Luna Smartphone dengan tema "Menjadi Gravitasi Dunia Bersama Smartphone Luna." Jika ingin ikut belahan dalam lomba tersebut, bisa mendaftar melalui laman ini. Lombanya gratis dan memperebutkan total hadian Rp25 juta.



Comments

Popular posts from this blog

Game Dragon Ball Z Mod Shin Budokai 4 Karakter(Super/AF/GT) ISO PPSSPP

Download Dragon Ball ISO PSP Mod DBZ Super - Pada ulasan kali ini saya akan mengupdate mengenai game yang dikhususkan untuk perangkat emulator PPSSPP akan tetapi tidak menutup pada aplikasi ppsspp saja melainkan perangkat konsol PSP pun dapat dengan memainkan ROM Game Dragon Ball Shin Budokai 4 Mod karakter DBZ Super terbaru ini. Beberapa perubahan yang ada pada ROM Dragon Ball Super Mod ISO PPSSPP ini sudah banyak mengalami update yang sesuai dengan karakter yang cukup lengkap pada karakter Game Dragon ball Z Super, dragon ball AF dan juga dragon Ball GT yang di jadi satu pada satu ROM ini sehingga dari keseluruhan karakter tersedia secara banyak dan sangat lengkap. Perubahan dan cara Mod game PSP ISO Dragon ball tentu sama halnya dengan melakukan Modding pada Game PSP PES2016 yang mana kita harus mengupdate dan merubah tampilan karakter/player serta merubah beberapa background latar dan pastinya juga mengganti background sound agar lebih berbeda dengan versi ROM Game originalny

Game PPSSPP Naruto Shippuden Narutimate Accel 3 CSO Full Karakter

Download Game PSP Naruto Ultimate Ninja Accel 3 ISO - Banyaknya kumpulan game pada ROM naruto series pastinya ada beberapa game yang ingin kita mainkan di Perangkat Emulator PPSSPP yang dimiliki khususnya bagi para penggemar game anime naruto, kumpulan Game Naruto PSP ISO terdapat hanya beberapa genre namun biasanya hanya ada Genre Fighting dan Genre Adventure yang mengambil dari jalan cerita Anime naruto tersebut. Khususnya pada Game Naruto Shippuden Ultimate Ninja Accel 3 CSO ISO yang lebih di tujukan bagi pengguna Emulator PSP Android ini yang bergenre mode Battle/Fighting. Pada series Narutimate Ninja Accel 3 ini di lansir cukup berbeda dengan Series Ninja Heroes 1, heroes 2 dan Naruto Ninja Heroes 3 karena banyak beberapa pemain mengeluhkan proses jalannya game yang sangat lamban atau sering Lag. Tetapi untuk series Accel 3 rom ini sangat smooth dan berbeda dengan Game Naruto PSP lainnya, selain itu dari tampilan Grafik terlihat dengan grafis yang HD. Namun dari ketersed

Drag Racing Bike Edition Apk Mod Motor Indonesia For Android Terbaru

Download Drag Racing Bike Apk Mod Indonesia Terbaru - Masih mengenai ulasan game yang sudah di Mod yaitu pada game yang bergenre Racing Bike yang lebih di kenal dengan game Drag Racing Bike for android, namun untuk apk yang sudah di share kali ini sudah di Mod pada versi Mod Indonesi, mod indonesia yang di maksud merupakan sudah di lakukan perubahan dan Mod pada beberapa tampilan yang ada pada game tersebut yang lebih berkesan dengan tampilan seperti mode balapan liar yang ada di Indonesia. Versi Mod Drag Racing Bike Apk Mod ini sudah di rubah dan ditambahkan pada tampilan Motor yang lebih baru yang lebih di areakan pada Kendaraan Motor Indonesia seperti Yamaha, Kawasaki, Honda dan lain-lainya Kendaraan motor tersebut pun terdapat motor jenis Matic, Motor Bebek dan motor Sport sekelas Kawasaki Ninja yang sudah di Moddif seperti Modif Motor Thailook yang sering di kenal oleh kalangan Drag motor. Selain itu pun pada latar Background sudah di rubah dengan keadaan seperti halnya Area B