Skip to main content

3 Faktor Dan 5 Tips Untuk Meningkatkan Otoritas Domain


Google menganalisa kurang lebih 150 faktor untuk menyimpulkan Otoritas Domain atau Domain Authority (DA) satu blog atau website. Dari 150 faktor yang menjadi tolak ukur komunitas SEOmoz itu, mustahil sanggup dioptimalkan seluruhnya.

(Baca: Mengenal Fungsi Domain Authority dan Page Authority)

Makara kami hanya akan fokus pada tiga faktor penting yang menghipnotis sebagian besar faktor-faktor lain dalam indeks Authority Domain. Jika tiga faktor ini dimaksimalkan, faktor-faktor lainnya akan ikut mendukung. Apa saja ketiga faktor itu?

1. Usia Domain
Faktor ini paling gampang dipahami. Yah, usia domain berarti domain yang Anda punya telah aktif semenjak dari tanggal diinisialisasi ke waktu ketika ini. Usia domain yang lebih lama, akan mendapat poin yang lebih tinggi di mesin pencari.

Ada "mitos" yang menyebut kalau sebuah website dengan domain berusia lebih dari 5 tahun, tidak akan menjalani "karantina" oleh Google (karantina arinya terkena Google Sandbox atau hilang sementara dari mesin pencarian dengan beberapa alasan).

Namun, mitos tersebut belum ada klarifikasi pastinya. Tapi satu yang pasti, semakin bau tanah domain, maka dampak aktual kepada Otoritas Domain akan semakin besar.

2. Popularitas Domain
Memahami faktor ini juga sederhana. Penjelasan singkatnya yaitu lebih banyak backlink maka tingkat popularitas domain kita juga tinggi. Namun, membangun backlink bukanlah kasus mudah. Olehnya itu sebelum membangun backlink, mulailah memperbaiki konten.

Jika blog Anda mempunyai konten yang bermanfaat dan banyak orang-orang membacanya, maka kemungkinan besar mereka akan memperkenalkannya pada situs-situs lain, blog atau jejaring sosial mereka. Makara domain Anda akan menjadi terkenal dengan banyak orang tanpa susah-susah.

Membangun backlink juga dihentikan dilakukan serampangan. Jangan hingga banyak backlink namun hanya spam semata. Jangan dikira Google tidak sanggup membedakan mana backlink spam dan mana yang alami.

Karena yang akan menjadi faktor utama dalam kepopuleran domain ini hanyalah backlink yang alami. Jika Anda berlebihan backlink, cepat atau lambat, Anda juga akan mendapat masalah. Makara usahakan itu tercipta secara alami, bukan spam.

3. Ukuran Domain
Ukuran berarti jumlah halaman yang diindeks oleh Google dan mesin pencari lainnya. Semakin banyak jumlah halaman yang diindeks maka semakin tinggi Otoritas Domain tersebut. Itu artinya, website atau blog harus mempunyai jumlah postingan yang banyak.

Unsur lain, kalau Anda mempunyai banyak link yang menunjuk ke situs Anda (inbound link), maka itu baik untuk ukuran domain. Tetapi untuk mempunyai lebih banyak inbound link dan halaman yang diindeks, Anda harus membuat konten yang menarik, berkualitas dan beragam.

5 Tips untuk Meningkatkan Otoritas Domain

Hampir semua blogger akan merasa berat kalau harus membangun backlink. Pekerjaan ini cukup membosankan apalagi kalau harus dilakukan berulang kali. Namun, apa daya, mau tak mau hal ini harus dilakukan utamanya membuat backlink yang berkualitas.

(Baca Juga: 10 Kriteria Blog Yang Paling Disukai Google)

Berikut beberapa cara yang paling kondusif yang sanggup dilakukan untuk meningkat Otoritas Domain.

1. Menjadi Penulis Tamu
Tips ini mengedepankan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. Istilah kerennya, kita hidup dan mengakibatkan blog orang lain layaknya rumah sendiri. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu menemukan blog yang cocok.

Ada berbagai blogger yang membutuhkan penulis tamu untuk mengisi kontennya. Selain blog, beberapa situs besar juga menyediakan space kepada blogger lain untuk menjadi penulis. Sebutsaja jalantikus.com, techinasia.com, kompasiana.com dan lain-lain.

Setelah menemukan blog yang cocok untuk menulis, selanjutnya minta izin kepada pengelola blog untuk mengisi konten. Sebagai imbalannya, mereka harus memungkinkan Anda untuk memasukkan backlink dofollow menunjuk ke situs Anda sendiri, jadi sama-sama untung.

2. Menggunakan Social Bookmarking
Sosial bookmarking disini bukan lagi situs tertentu yang harus digunakan. Namun lebih membuat sosial bookmarking sendiri. Salah satunya dengan membuat lebih banyak blog dan situs di Blogspot, Wordpress dan Tumblr.

Jika punya waktu yang banyak, langkah ini sanggup dilakukan. Usahakan membuat lebih banyak blog dengan goresan pena yang bermanfaat namun merujuk ke situs atau blog utama Anda. Jika dilakukan dengan baik, Anda akan lihat jadinya dalam waktu dekat.

Jangan lupa pula untuk memakai sosial media menyerupai Facebook, Twitter dan Google +. Keuntungannya lebih banyak dari apa yang Anda bayangkan. Coba saja.

3. Bergabung dan Aktif di Forum
Cara ini sudah terlalu populer. Anda sisa bergabung dengan satu lembaga yang Anda sukai dan aktif bersosialisasi disana. Usahakan cari lembaga yang memungkinkan memasukkan link kedalam postingan.

Ada banyak skali lembaga yang sanggup diikuti. Jika normal, setiap diskusi yang terjadi akan memberi satu link kesitus Anda. Makara usahakan buat postingan yang menarik di lembaga tersebut. Sekali lagi, jangan buat spam.

4. Membangun Internal Link Yang Baik
Banyak yang bertanya, mengapa Otoritas Domain yang utamanya dipengaruhi oleh faktor eksternal tetap membutuhkan internal link. Itu karena, faktor ini sangat relevan kalau ditelaah lebih jauh.

Kita tau kalau internal link itu sangat kuat pada Otoritas Halaman atau Page Authority (PA). Otoritas Halaman dipengaruhi oleh tiga elemen, yakni internal link, jumlah backlink dan kepadatan kata kunci. Makara tetap kuat pada Otoritas Domain.

Memperbaiki internal link akan kuat besar pada Otoritas Halaman, bukan pada backlink. Namun kalau internal link baik akan kuat besar pada kewenangan domain. Inilah yang menambah tinggi Otoritas Domain.

Kalau ada pertanyaan, bagaimana membangun internal link yang baik, jawabannya yaitu dengan mengaitkan satu artikel dengan artikel lainnya. Kalau Blogooblok, mengutamakan internal link dengan artikel yang terkait dan minimal 3 link dalam satu postingan.

5. Memperbaharui Konten Secara Teratur
Ini mungkin kesimpulan formal, tetapi sebagai pengalaman eksklusif saya, beberapa blogger terkenal tidak punya waktu untuk membangun backlink (off-page SEO) sehingga mereka hanya fokus untuk SEO on-page dan terus mengupdate situs web mereka secara teratur.

Langkah ini juga penting sebab Otoritas Domain akan terbentuk dengan sendirinya, apalagi kalau update blognya berisi konten yang berkualitas. Jika tidak sanggup setiap hari, buatlah sekali seminggu atau sebulan. Setidaknya aktif diperbaharui.

Jika sanggup memakai cara yang alami mengapa harus memakai cara yang salah. Ada banyak blogger yang merasa kesusahan menyebarkan blog sebab berpikir ingin besar dalam waktu cepat. Padahal, segala sesuatu itu perlu usaha dan usaha.

(Baca Juga: Cara Paling Jitu Meningkatkan Alexa Rank)

Semoga bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi

Comments

Popular posts from this blog

Game Dragon Ball Z Mod Shin Budokai 4 Karakter(Super/AF/GT) ISO PPSSPP

Download Dragon Ball ISO PSP Mod DBZ Super - Pada ulasan kali ini saya akan mengupdate mengenai game yang dikhususkan untuk perangkat emulator PPSSPP akan tetapi tidak menutup pada aplikasi ppsspp saja melainkan perangkat konsol PSP pun dapat dengan memainkan ROM Game Dragon Ball Shin Budokai 4 Mod karakter DBZ Super terbaru ini. Beberapa perubahan yang ada pada ROM Dragon Ball Super Mod ISO PPSSPP ini sudah banyak mengalami update yang sesuai dengan karakter yang cukup lengkap pada karakter Game Dragon ball Z Super, dragon ball AF dan juga dragon Ball GT yang di jadi satu pada satu ROM ini sehingga dari keseluruhan karakter tersedia secara banyak dan sangat lengkap. Perubahan dan cara Mod game PSP ISO Dragon ball tentu sama halnya dengan melakukan Modding pada Game PSP PES2016 yang mana kita harus mengupdate dan merubah tampilan karakter/player serta merubah beberapa background latar dan pastinya juga mengganti background sound agar lebih berbeda dengan versi ROM Game originalny

Game PPSSPP Naruto Shippuden Narutimate Accel 3 CSO Full Karakter

Download Game PSP Naruto Ultimate Ninja Accel 3 ISO - Banyaknya kumpulan game pada ROM naruto series pastinya ada beberapa game yang ingin kita mainkan di Perangkat Emulator PPSSPP yang dimiliki khususnya bagi para penggemar game anime naruto, kumpulan Game Naruto PSP ISO terdapat hanya beberapa genre namun biasanya hanya ada Genre Fighting dan Genre Adventure yang mengambil dari jalan cerita Anime naruto tersebut. Khususnya pada Game Naruto Shippuden Ultimate Ninja Accel 3 CSO ISO yang lebih di tujukan bagi pengguna Emulator PSP Android ini yang bergenre mode Battle/Fighting. Pada series Narutimate Ninja Accel 3 ini di lansir cukup berbeda dengan Series Ninja Heroes 1, heroes 2 dan Naruto Ninja Heroes 3 karena banyak beberapa pemain mengeluhkan proses jalannya game yang sangat lamban atau sering Lag. Tetapi untuk series Accel 3 rom ini sangat smooth dan berbeda dengan Game Naruto PSP lainnya, selain itu dari tampilan Grafik terlihat dengan grafis yang HD. Namun dari ketersed

Drag Racing Bike Edition Apk Mod Motor Indonesia For Android Terbaru

Download Drag Racing Bike Apk Mod Indonesia Terbaru - Masih mengenai ulasan game yang sudah di Mod yaitu pada game yang bergenre Racing Bike yang lebih di kenal dengan game Drag Racing Bike for android, namun untuk apk yang sudah di share kali ini sudah di Mod pada versi Mod Indonesi, mod indonesia yang di maksud merupakan sudah di lakukan perubahan dan Mod pada beberapa tampilan yang ada pada game tersebut yang lebih berkesan dengan tampilan seperti mode balapan liar yang ada di Indonesia. Versi Mod Drag Racing Bike Apk Mod ini sudah di rubah dan ditambahkan pada tampilan Motor yang lebih baru yang lebih di areakan pada Kendaraan Motor Indonesia seperti Yamaha, Kawasaki, Honda dan lain-lainya Kendaraan motor tersebut pun terdapat motor jenis Matic, Motor Bebek dan motor Sport sekelas Kawasaki Ninja yang sudah di Moddif seperti Modif Motor Thailook yang sering di kenal oleh kalangan Drag motor. Selain itu pun pada latar Background sudah di rubah dengan keadaan seperti halnya Area B