Skip to main content

Cara Membuat Blog Di Blogspot Lengkap Bagi Pemula

Artikel ini berisi panduan lengkap cara membuat blog menggunakan platform blogspot agar mudah dipahami oleh pemula.

Cara Membuat Blog

1. Login ke Blogger

Langkah pertama Anda harus login ke blogger menggunakan akun Google. Karena untuk membuat blog menggunakan blogspot tidak bisa menggunakan email selain email dari Google. Setelah beranda blogger terbuka, silahkan login dengan email dan password Google Anda.

Setelah Anda berhasil masuk ke dashboard blogspot, kalau ini untuk yang pertama kali, maka Anda akan disuruh untuk membuat nama pengenal yang akan ditampilkan sebagai penulis dan admin blog.

Silahkan isi dengan nama Anda atau bisa juga dengan nama alias (samaran). Namun sebaiknya gunakan nama Anda sendiri agar menambah kepercayaan dari pengunjung blog Anda nantinya ketika hendak berinteraksi dengan Anda.

Login ke Blogger

2. Membuat nama blog

Anda berhasil login dan selesai mengisi nama panggilan Anda, akan langsung muncul form pembuatan blog yang menyuruh Anda untuk membuat nama blog terlebih dahulu.

Silahkan buat nama blog yang menurut Anda cocok dengan niche atau tema yang akan Anda muat didalam blog tersebut.

Untuk nama blog disaranakan tidak boleh terlalu panjang, agar mudah diingat oleh pengunjung blog Anda nantinya.

Selain itu, nama yang terlalu panjang tidak bagus untuk SEO, sebaiknya gunakan maksimal 11-15 karakater.

Membuat nama blog

3. Membuat domain

Langkah selanjutnya setelah selesai memberi nama untuk blog Anda adalah membuat domain atau URL domain. Atau bisa disebut juga kalau ini adalah alamat resmi dari blog Anda.

Alamat inilah yang akan digunakan oleh setiap pengunjung blog Anda nantinya kalau hendak masuk ke blog Anda.

Karena yang Anda gunakan adalah paltform blogspot, maka ketika Anda membuat domain akan berakhiran blogspot.com.

Agar domain yang Anda buat mudah di ingat oleh pengunjung, sebaiknya gunakan domain yang relevan dengan nama blog.

Sebagai contoh, kalau Anda memberi nama blog "Nama blod Anda", maka untuk domain gunakan "namabloganda.blogspot.com'. Ini sebagai contoh saja.

Perlu diperhatikan juga, dalam membuat domain akan ada proses penyaringan oleh blogger. Apakah domain tersebut bisa digunakan atau tidak. Hal ini terkait dengan url domain yang mungkin sudah digunakan oleh orang lain.

Jadi pastikan Anda melihat informasi dibawah kolom pengisian domain yang menjelaskan kalau alamat blog ini tersedia.

Membuat domain

4. Buat blog

Setelah pemberian nama dan alamat atau domain untuk blog selesai Anda lakukan, untuk langkah selanjutnya silahkan klik tombol Buat blog!. Maka sampai disitu Anda telah berhasil membuat dan memiliki blog menggunakan paltform blogspot.

5. Mengatur setelan blog

Setelah langkah ke 1 sampai keempat yaitu Buat blog selesai Anda lakukan dan Anda sudah resmi memiliki sebuah blog, masih ada tahapan lain yang harus Anda lakukan, yaitu mengatur setelan blog.

Setelan dasar

Untuk setelan dasar terdiri dari:

  • Judul: Adalah nama blog yang Anda buat saat pertama kali membuat blog.
  • Deskripsi: Ini pada defaultnya terseting tidak. Untuk deskripsi blog sebaiknya diaktifkan dan diisi dengan keterangan blog. Misalnya blog Anda adalah blog yang menjual jasa desain blog, maka buatlah deskripsi misalnya "Blog ini adalah blog yang memberikan informasi bermanfaat seputar jasa desain blog profesional".
  • Privasi: Ini adalah pilihan apakah blog Anda mau diseting bisa diakses oleh mesin pencari atau tidak.
  • Publikasi: Adalah setelan dimana Anda bisa merubah alamat blog (domain blogspot) atau mau menggunakan domain sendiri. Untuk merubah domain blogspot Anda cukup klik edit, dan kalau mau mengganti dengan domain Anda sendiri, klik pada + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda.
  • HTTPS: Adalah fitur dimana Anda bisa mengalihkan lalulintas dari HTTP ke HTTPS. Untuk fitur ini disarankan untuk diaktifkan atau pilih YA.
  • Izin: Ini adalah fitur dimana Anda bisa menambahkan penulis dan Admin, juga untuk merubah setelan pembaca blog. Apabila Anda menginginkan blog Anda dibaca oleh semua pengunjung, maka gunakan setelan publik. Tapi apabila Anda menginginkan hanya Anda atau hanya Anda dan orang yang terdaftar saja yang bisa melihat blog Anda, silahkan sesuaikan dengan mengklik Edit.

Postingan, komentar, dan berbagi

Setelan postingan, komentar, dan berbagi terdiri dari:

  • Postingan: Ini berisi pilihan untuk mengatur Jumlah postingan yang muncul diberanda atau dihalaman utama, membuat template entri, dan menampilkan gambar dengan Lightbox. Silahkan atur sesuai dengan keinginan Anda.
  • Komentar: Ini berisi setelan Lokasi komentar, Siapa yang dapat mengomentari, Moderasi komentar, Tampilkan verifikasi kata, dan Pesan Formulir Komentar.

Email

Setelan email terdiri dari:

  • Mempublikasikan entri menggunakan email, Email Notifikasi Komentar, dan Email postingan ke.

Bahasa dan pemformatan

Setelan bahasa dan pemformatan terdiri dari:

  • Bahasa: Dimana Anda bisa menggunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa yang Anda tulis di blog dan Aktifkan transliterasi.
  • Format: Untuk mengatur setelan Zona Waktu, Format Header Tanggal, Format Timestamp, dan Format Stempel Waktu Komentar.

Preferensi penelusuran

Setelan preferensi penelusuran terdiri dari:

  • Tag Meta: Isinya adalah setelan deskripsi penelusuran, dimana deskripsi inilah yang nantinya akan ditampilkan di mesin pencari tepat dibawah judul dan url blog Anda.
  • Kesalahan dan pengalihan: Setelan untuk Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan, dan Pengalihan Khusus.
  • Perayap dan pengindeksan: setelan untuk mengatur Google Search Console, robots.txt khusus, dan Tag tajuk robot khusus.
  • Monetisasi: Setelan untuk mengaktifkan dan membuat custom robot txt khusus untuk blog yang menayangkan iklan Adsense dan media periklanan lainnya.

Lainnya

Setelan lainnya terdiri dari:

  • Impor & backup: Ini adalah fitur untuk mengimport atau membackup Konten (halaman, postingan, & komentar), juga untuk mengelola Video dari blog Anda.
  • Hapus Blog: Fitur untuk menghapus blog sementara atau menghapusnya secara permanent.
  • Feed situs: Fitur untuk mengatur Izinkan Feed Blog, URL Alihan Feed Postingan, Footer Feed Posting, dan Aktifkan Tautan Judul dan Tautan Lampiran.
  • Google Analytics: Fitur untuk memasang kode tracking Google Analytics blog Anda.

Setelan pengguna

Untuk setelan pengguna terdiri dari:

  • Umum: Yang berisi fitur untuk mengatur setelan Profil Pengguna, dan pilihan untuk Gunakan Draf Blogger.
  • Bahasa: Ini fitur untuk merubah bahasa menu blogspot atau blogger. Biasanya akan diseting secara otomatis berdasarkan bahasa akun Google Anda.

Sampai disitu Anda sudah mengetahui tentang cara mengatur setelan blog.

6. Mengatur template blog

Langkah selanjutnya adalah mengatur template blog. Ketika Anda pertama kali membuat blog, secara otomatis blogger menawarkan beberapa pilihan template. Ada yang terbaru yang sudah didesain full responsif dan memiliki data struktur yang sudah valid. Ada juga pilihan template lama yang perlu disesuaikan secara keseluruhan.

Kalau Anda belum begitu mengenal koding, sebaiknya gunakan template terbaru bawaan blogger yang memang sudah bisa dibilang cukup bagus.

Namun Anda juga bisa menggantinya dengan tempate custom yang tentunya sudah disesuaikan dan dioptimisasi struktur data, responsif, dan SEO nya.

Mudah bukan? Demikianlah panduan lengkap cara membuat blog menggunakan paltform blogspot yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Game Dragon Ball Z Mod Shin Budokai 4 Karakter(Super/AF/GT) ISO PPSSPP

Download Dragon Ball ISO PSP Mod DBZ Super - Pada ulasan kali ini saya akan mengupdate mengenai game yang dikhususkan untuk perangkat emulator PPSSPP akan tetapi tidak menutup pada aplikasi ppsspp saja melainkan perangkat konsol PSP pun dapat dengan memainkan ROM Game Dragon Ball Shin Budokai 4 Mod karakter DBZ Super terbaru ini. Beberapa perubahan yang ada pada ROM Dragon Ball Super Mod ISO PPSSPP ini sudah banyak mengalami update yang sesuai dengan karakter yang cukup lengkap pada karakter Game Dragon ball Z Super, dragon ball AF dan juga dragon Ball GT yang di jadi satu pada satu ROM ini sehingga dari keseluruhan karakter tersedia secara banyak dan sangat lengkap. Perubahan dan cara Mod game PSP ISO Dragon ball tentu sama halnya dengan melakukan Modding pada Game PSP PES2016 yang mana kita harus mengupdate dan merubah tampilan karakter/player serta merubah beberapa background latar dan pastinya juga mengganti background sound agar lebih berbeda dengan versi ROM Game originalny

Game PPSSPP Naruto Shippuden Narutimate Accel 3 CSO Full Karakter

Download Game PSP Naruto Ultimate Ninja Accel 3 ISO - Banyaknya kumpulan game pada ROM naruto series pastinya ada beberapa game yang ingin kita mainkan di Perangkat Emulator PPSSPP yang dimiliki khususnya bagi para penggemar game anime naruto, kumpulan Game Naruto PSP ISO terdapat hanya beberapa genre namun biasanya hanya ada Genre Fighting dan Genre Adventure yang mengambil dari jalan cerita Anime naruto tersebut. Khususnya pada Game Naruto Shippuden Ultimate Ninja Accel 3 CSO ISO yang lebih di tujukan bagi pengguna Emulator PSP Android ini yang bergenre mode Battle/Fighting. Pada series Narutimate Ninja Accel 3 ini di lansir cukup berbeda dengan Series Ninja Heroes 1, heroes 2 dan Naruto Ninja Heroes 3 karena banyak beberapa pemain mengeluhkan proses jalannya game yang sangat lamban atau sering Lag. Tetapi untuk series Accel 3 rom ini sangat smooth dan berbeda dengan Game Naruto PSP lainnya, selain itu dari tampilan Grafik terlihat dengan grafis yang HD. Namun dari ketersed

Drag Racing Bike Edition Apk Mod Motor Indonesia For Android Terbaru

Download Drag Racing Bike Apk Mod Indonesia Terbaru - Masih mengenai ulasan game yang sudah di Mod yaitu pada game yang bergenre Racing Bike yang lebih di kenal dengan game Drag Racing Bike for android, namun untuk apk yang sudah di share kali ini sudah di Mod pada versi Mod Indonesi, mod indonesia yang di maksud merupakan sudah di lakukan perubahan dan Mod pada beberapa tampilan yang ada pada game tersebut yang lebih berkesan dengan tampilan seperti mode balapan liar yang ada di Indonesia. Versi Mod Drag Racing Bike Apk Mod ini sudah di rubah dan ditambahkan pada tampilan Motor yang lebih baru yang lebih di areakan pada Kendaraan Motor Indonesia seperti Yamaha, Kawasaki, Honda dan lain-lainya Kendaraan motor tersebut pun terdapat motor jenis Matic, Motor Bebek dan motor Sport sekelas Kawasaki Ninja yang sudah di Moddif seperti Modif Motor Thailook yang sering di kenal oleh kalangan Drag motor. Selain itu pun pada latar Background sudah di rubah dengan keadaan seperti halnya Area B